Loading...
Ensiklopedia GSM

[Trivia Pendidikan] 5 Kegiatan Edukatif yang Bisa Dilakukan Ketika Liburan

Liburan telah tiba! Banyak sekali alternatif kegiatan liburan yang bisa dilakukan oleh orang tua dengan anak. Berikut adalah beberapa kegiatan sederhana namun menyenangkan yang bisa dilakukan ketika liburan.

  1. Melakukan Hobi

Setiap anak tentu memiliki hobinya masing-masing, liburan adalah saat yang tepat bagi orangtua untuk memfasilitasi anak dalam menekuni hobinya tersebut. Anak sering kali tidak memiliki kesempatan untuk menekuni hobinya karena sibuk dengan berbagai kegiatan pembelajaran di sekolah. Karenanya, saat liburan adalah waktu yang tepat untuk menekuni hobi. Mungkin terdapat anak yang memiliki hobi dalam seni seperti melukis, menyanyi atau menari, orangtua bisa mendampingi anak untuk mengembangkan hobinya tersebut di sanggar atau lembaga yang menyediakan kursus singkat. Jika anak memiliki hobi olahraga seperti berenang atau bermain sepakbola, orangtua bisa mengantarkan anak untuk berlatih atau mendaftarkan mereka ke klub olahraga sesuai minat dan hobinya tersebut.

  1. Keliling Kota Dengan Transportasi Publik

Kegiatan ini bisa sekaligus juga memperkenalkan anak pada macam-macam transportasi umum yang ada di kota masing-masing yang tentu beragam. Contohnya di Jakarta, kini terdapat MRT untuk menunjang kebutuhan transportasi publik yang ada di ibu kota tersebut. Pada saat liburan anak-anak bisa diajak untuk merasakan pengalaman naik transportasi umum dimulai dari proses membeli tiket. Anak juga bisa dikenalkan dan diajarkan mengenai cara menghargai oranglain di dalam alat tarnsportasi agar tidak mengganggu kenyamanan satu sama lain. Kegiatan ini juga bisa dilakukan dengan diselingi mengunjungi tempat-tempat menarik yang belum pernah dikunjungi anak sebelumnya seperti taman kota atau museum.

  1. Berkebun

Ketika sudah mulai bosan mengisi liburan dengan bepergian, kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan di rumah adalah berkebun. Anak bisa diajari untuk menanam bunga atau sayuran sesuai yang mereka inginkan. Ini akan memberikan kesempatan bagi anak untuk menyayangi tumbuhan yang juga merupakan salah satu makhluk hidup ciptaan Tuhan. Setelah proses berkebun selesai, anak juga bisa diajak untuk selalu bertanggung jawab dalam menjaga tanaman tersebut dengan cara menyiramnya dan merawatnya secara rutin.

  1. Mengunjungi Perpustakaan

Alternatif lainnya yang bisa dilakukan adalah mengunjugi perpustakaan. Perpustaan seringkali dianggap membosankan oleh anak-anak, namun tidak jarang terdapat perpustakaan kota yang memiliki area khusus bagi anak yang memang dikemas menyenangkan dan mendatangkan minat anak untuk membaca. Kegiatan ini bisa dilakukan agar anak-anak juga menjadi lebih familiar dengan buku. Untuk menambah keseruan, ketika mengunjungi perpustakaan bersama anak, orangtua bisa memberikan suatu tantangan seperti membaca beberapa lembar buku untuk mendapatkan penghargaan tertentu.

  1. Memasak

Kegiatan memasak bisa jadi hal yang menyenangkan sekaligus meningkatkan bonding antara anak dan orangtua. Anak dan orangtua bisa bekerja sama dalam menciptakan masakan yang sederhana seperti cupcake atau pancake. Anak bisa diberikan tugas seperti mengaduk adonan dan menaburkan topping. Kegiatan sederhana ini secara tidak langsung akan meningkatkan self esteem pada anak karena dia merasa bahwa dia dipercaya dan kompeten untuk melakukan tugas-tugas tersebut.

[Putri Nabhan]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: