Loading...
Kabar Gembira

[Kabar Menyenangkan] Masa Orientasi Siswa Ala GSM

Masa Orientasi Siswa sudah seharusnya menjadi hari yang menyenangkan bagi semua orang; siswa baru, siswa lama, orangtua, guru dan juga warga sekitar sekolah. Masa orientasi siswa atau MOS harus menjadi momentum bagi sekolah untuk memperkenalkan lingkungan sekolah yang aman, tidak mengancam dan memfasilitasi siswa untuk berkembang. MOS yang menyenangkan sudah dilakukan oleh sekolah-sekolah model GSM.

Berikut adalah beberapa MOS yang dilaksanakan di sekolah model GSM dengan keseruan dan keunikannya masing-masing.

1. SD Negeri Karangmloko 2

Kegiatan hari pertama masuk sekolah di SD Karangmloko 2 diawali dengan upacara bendera yang diikuti oleh orangtua dan wali siswa kemudian dilanjutkan dengan penyerahan siswa baru dari pihak orang tua yg diserahkan oleh komite ke pihak sekolah dengan mengalungkan ID Card sebagai simbol penerimaan siswa baru tersebut.

Kegiatan MOS di SD Karangmloko dilanjutkan dengan pemaparan dan sosialisasi program GSM pada orangtua. Sebagai penutup, dilakuakn juga pemotretan siswa baru beserta ortunya sebagai bukti bergabungnya menjadi keluarga SD Karangmloko 2.

2. SMP Negeri 2 Sleman

Kegiatan MOS di SMP Negeri 2 Sleman tidak hanya membuat acara yang menyenangkan bagi siswa baru saja, tapi juga melakukan kegiatan yang melibatkan orangtua dan wali siswa. Sekolah melakukan kegiatan yang melibatkan orangtua selama 100 menit yang diikuti dengan orangtua yang menuliskan harapannya untuk anak-anak mereka yang bersekolah di SMP Negeri 2 Sleman. Penulisan harapan oleh orangtua ini penting untuk menunjukkan keterlibatan dan kerjasama antara orangtua dan sekolah dalam berkomitmen untuk bersama-sama berkolaborasi dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang positif baik di rumah atau di sekolah.

3. SD Negeri Rejodani

Suasana penyambutan siswa baru di SD Rejodani menunjukkan adanya pendampingan dari kaka kelas kepada adik-adik yang baru masuk di SD Rejodani.  Kakak kelas menjemput adik kelasnya di lapangan untuk mengalungkan nama adik kelas yang telah mereka buat. Mereka kemudian mengantar adik-adik ke kelas barunya. Buddy program seperti ini sangat baik dilakukan pada kegiatan MOS, hal ini akan memberikan dampak positif baik bagi kaka kelas maupun adik kelas dalam masa pengenalan lingkungan sekolah.

4. SD Negeri Ngebelgede 2

Kegiatan SD Ngebelgede 2 nampaknya sangat berfokus pada pengenalan lingkungan yang sehat. MOS dilakukan dengan  penyerahan bibit untuk apotek hidup yg akan ditanam di polybag plastik bekas minyak goreng. Hal ini dilakukan dengan harapan siswa baru mampu untuk belajar menanam, merawat tanaman hingga bisa dipanen kelak. Secara filosofis, kegiatan ini ingin mengajarkan bahwa apa yang ditaman sejak awal maka hasilnya akan bisa dituai di kemudian hari. Kegiatan lainnya adalah adanya sosialisasi jajanan sehat yang mendukung pengurangan penggunaan plastik.

5. SD Negeri Jetisharjo

Guru-guru SDN Jetisharjo menyambut siswa-siswa barunya dalam MOS dengan mebuat hiasan kepala yang terbuat dari kertas koran bekas. Hal ini baik untuk memberikan kesan bahwa guru di sekolah tidak melulu serius namun juga bisa kreatif dan menyenangkan.

Kegiatan lainnya yang tidak kalah menarik adalah adanya pemilihian presiden kelas. Pemilihan ketua dan wakil ketua kelas yang dilakukan dengan cara seperti pemilihan presiden ini bisa menumbuhkan jiwa kepemimpinan bagi para calon ketua dan wakil ketua kelas dan juga mengenalkan pada prinsip-prinsip demokrasi bagi siswa lainnya.

6. SD Muhammadiyah Mantaran

Pada MOS kali ini, SD Muhamadiyah Mantaran melakukan pawai kostum yang mengusung tema “Olah hati olah pikir olah raga dan olah karsa”. Kostum-kostum yang dipakai dalam kostum ini merupakan hasil kreativitas dan kerjasama antara siswa dan orang tua. Kegiatan membuat kostum menarik dijadikan sebagai tugas liburan dan hasilnya ternyata sangat baik dan menarik. Pawai diiringi dengan drumband dan nyanyian yang membuat semarak. Pawai kemudian diakhiri dengan kegiatan mengambil penganan yang semula ditata pada sebuah gunungan.

[Putri Nabhan]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: