Loading...
Kabar Gembira

[Kabar Menyenangkan] Jawa Tengah Siap Berbenah dengan GSM

Pada hari Kamis lalu, (01/08), rombongan dinas pendidikan beserta kepala sekolah, guru dan beberapa siswa SMA dan SMK Jawa Tengah melakukan kunjungan ke SD Negeri Rejodani dan SMP Negeri 2 Sleman yang merupakan sekolah model GSM. Kunjungan ini dilakukan untuk mempersiapkan penerapan Gerakan Sekolah Menyenangkan di seluruh wilayah Jawa Tengah sebagaimana instruksi Gubernur Ganjar Pranowo dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Setelah terlebih dahulu mengunjungi SD Negeri Rejodani, rombongan kunjungan dari dinas pendidikan Jawa Tengah kemudian bergerak menuju SMP 2 Sleman dan disambut meriah dengan flashmob oleh siswa. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi seru di aula yang juga dihadiri oleh beberapa orangtua dan wali siswa SMP Negeri 2 Sleman sebagai bentuk parent engagement yang sudah terbentuk di sana.

“Saya harap, kita bisa mengubah Indonesia lewat pendidikan dari Sleman dan kini seluruh wilayah Jateng dengan adanya GSM ini,” ujar Sri Wantini, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman dalam sambutannya siang hari itu.

Menanggapi hal tersebut, Pak Nur, kepala sekolah SMP 2 Sleman menyampaikan bahwa setelah kurang lebih menerapkan GSM selama satu tahun, penciptaan lingkungan positif ala GSM memang mampu menghadirkan perubahan di lingkungan sekolah.

“Tingkat bullying semakin rendah, optimisme siswa dan keterlibatan orang tua semakin tinggi,” tandas Pak Nur.

Tidak hanya pejabat dinas, kepala sekolah dan guru saja, siswa yang ikut serta dalam kunjungan itupun antusias dalam mengobservasi sekolah model GSM tersebut. Atas inisiatif mereka sendiri, Andini dan Tangkas dari SMKN 11 Semarang bahkan sempat mewawancarai Ringgo, Ketua OSIS SMP 2 Sleman untuk mengetahui pemikiran yang mewakili siswa dalam melihat dan merasakan perubahan yang ada setelah penerapan GSM di sekolah mereka.

“Saya berharap penerapan GSM ini nanti di sekolah kami bisa membuat siswa SMK memang benar-benar siap untuk bersaing di dunia kerja,” ujar Tangkas ketika ditanya harapannya mengenai rencana penerapan GSM di seluruh wilayah Jateng.

Mempersiapkan siswa menghadapi revolusi industri 4.0 memang merupakan salah satu tujuan dari penciptaan lingkungan positif GSM. Sehingga semoga harapan Tangkas dan siswa lainnya di Jateng, juga di seluruh Indonesia bisa terpenuhi dengan kesadaran guru juga seluruh pemangku kebijakan untuk mengubah paradigma mereka tentang pendidikan.

[Putri Nabhan]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: