content detail

Tips Menyiapkan Bekal Makanan Anak

Post by: 22/04/2015 0 comments 1704 views

Maraknya jajanan berbahaya membuat membawa bekal ke sekolah menjadi salah satu pilihan yang aman. Anak-anak dapat terhindar dari bahan bahan berbahaya seperti pengawet dan pewarna yang seringkali digunakan berlebihan atau tidak semestinya. Selain karena kandungan gizi dan kebersihan yang terjamin, membawa bekal juga dapat mengurangi sampah dan mengajarkan anak mencintai lingkungan (Baca: Bekal Sehat Bebas Sampah ). Menyiapkan bekal anak ke sekolah merupakan hal yang cukup menantang, terutama bagi orang tua yang anaknya agak sulit dan pemilih soal makanan. Berikut ada beberapa tips untuk orang tua untuk menyiapkan bekal anak di sekolah:

sumber: http://wisatadanhotel.com/
sumber: http://wisatadanhotel.com/

 

  1. Memperhatikan kotak bekal

Kotak bekal adalah hal pertama yang akan dilihat anak ketika membawa bekalnya. Untuk menarik perhatian anak, kotak bekal dapat disesuaikan dengan selera anak. Misalnya soal warna dan motif, anak laki-laki dan perempuan mungkin memiliki selera yang berbeda. Jika perlu, ajak anak untuk memilih kotak bekalnya sendiri. Hal lain yang perlu diperhatikan soal kotak bekal adalah keamanan kotak bekal. Perlu dipastikan bahwa kotak bekal terbuat dari bahan yang aman untuk makanan, serta dapat menyimpan makanan yang mungkin panas atau dingin dalam waktu yang cukup lama.

  1. Kreasikan menu makanan

Selain kandungan nilai gizi yang terkandung, menu juga dapat menjadi daya tarik bagi anak-anak. Anak tentu akan lebih tertarik untuk menghabiskan makanannya bila menunya ia sukai. Hal ini dapat disiasati dengan membuat variasi warna dan bentuk untuk meningkatkan selera makan. Jadi, anak tidak bosan dengan lauk pauk yang tersedia di dalam kotak bekal. Selain itu, makanan dapat dicetak dengan bentuk bentuk yang cukup agar anak lebih tertarik.

  1. Sesuaikan jam sekolah anak

Durasi lamanya sekolah juga perlu diperhatikan oleh orang tua dalam memilih bekal. Jika anak anak hanya bersekolah sampai jam 10.00, maka membawa camilan sudah cukup, karena anak dapat makan siang di rumah. Sebab jika diberi makan berat lagi, anak mungkin masih kenyang karena sudah sarapan, atau justru akan melewatkan makan siang. Sementara itu, jika waktu anak sekolah melewati jam makan siang, maka membawa bekal makanan untuk makan siang akan diperlukan. Selain itu, pilihan bekal juga perlu disesuaikan dengan jam sekolah. Pilihkan makanan yang dapat bertahan hingga jam makan tiba.

  1. Membawa minuman

Menyediakan minum adalah hal yang penting untuk melengkapi bekal. Air minum yang bisa disediakan tidak harus air putih. Bisa juga minuman lain seperti teh atau jus buah, sesuai dengan selera dan kebutuhan anak.

Nah, dengan begini, anak bisa lebih bersemangat dalam menyantap bekalnya, dan tidak lagi menyisakan makanannya. Selamat mencoba.

 

Dikembangkan dari www.teruskan.com dan www.ibudanmama.com

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Loading...