content detail

Tas Sekolah yang Terlalu Berat Akankah Membuat Anak-anak Bertubuh Pendek?

Post by: 03/07/2015 0 comments 1008 views

Kini, anak-anak berseragam sekolah menggendong tas yang besar dan terlihat berat menjadi pemandangan yang jamak. Pernah merasa khawatir pada pertumbuhan fisik adik atau putra-putri tercinta? Pertanyaan tersebut terutama terkait dengan akankan tinggi anak bisa maksimal jika setiap hari dibebani dengan tas yang berat penuh buku paket?

Sebenarnya hingga saat ini, tidak ada bukti mengenai tas sekolah yang terlalu berat dapat menghambat pertumbuhan seorang anak. Namun, studi dalam jurnal Pediatric Physical Therapy mengungkapkan, bahwa tas yang terlalu berat, dapat membuat tubuh cenderung membungkuk. Ini merupakan dampak dari bergesernya titik berat tubuh.

Dengan tubuh yang membungkuk, maka tubuh juga akan terlihat lebih pendek, sehingga seolah-olah pertumbuhannya terhambat. Selain tubuh akan menjadi bungkuk, membawa tas yang terlalu berat juga menyebabkan nyeri di bagian pinggang.

sumber: bakprotek.com
sumber: bakprotek.com

Untuk menyiasatinya, baiknya berat beban di dalam tas anak hanya 10%-15% dari berat badan mereka, apalagi jika anak sering mengeluh tentang tas mereka yang terlalu berat. Jika memang karena kewajiban, harus membawa banyak buku, apalagi tebal-tebal, pisahkan beban. Misalnya, selain menggunakan rasel, beberapa buku dijinjing menggunakan tas yang lebih kecil. Repot sih, daripada nyeri di kemudian hari.

Selain itu, ada baiknya hindari penggunaan tas yang hanya bertumpu pada salah satu pundak, seperti tas selempang. Tas yang terlalu berat di salah satu bahu, akan menimbulkan kompensasi pada tubuh dengan menaikkan bahu tersebut. Efek yang ditimbulkan dalam jangka waktu panjang adalah, menderita pembengkokan tulang belakang. Bila memang bebannya berat, pilihan terbaik adalah tas ransel.

Meski belum ada bukti, bahwa tas sekolah yang terlalu berat akan menghambat pertumbuhan anak, sebaiknya beban di dalam tas yang dibawa harus dibatasi. Hal ini untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan, seperti bentuk tulang yang menjadi tak normal.

 

Disadur dari isigood.com

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Loading...