content detail

Sistem Buddy – Menciptakan Sekolah Aman dan Menyenangkan

Post by: 12/02/2016 0 comments 892 views

images buddy

       Di sekolah di Australia ada berbagai macam cara dalam mencegah bullying. Salah satu cara dalam mengatasi dan mencegah terjadinya bullying adalah dengan menerapkan  sistem “buddy”.  Sistem buddy adalah cara dalam menghormati keberadaan anggota (siswa) baru di sekolahnya. Yaitu dengan cara siswa senior diwajibkan membantu, menemani, dan menjaga siswa yunior jika mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan saat di sekolah. Misalnya menemani siswa yunior pergi ke toilet dan sekaligus sebagai tempat bertanya segala hal yang belum diketahui.

images

     Sistem buddy merupakan praktik baik sederhana untuk mengenalkan nilai-nilai pendidikan karakter seperti saling menghormati, menghargai, melindungi sesama teman di sekolah. Dengan menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter tersebut, sekolah juga dapat mengajarkan anak untuk bertanggung jawab dan memiliki jiwa kepemimpinan. Selain itu juga dapat menciptakan sekolah yang aman dan menyenangkan bagi anak.

009afb3a6ac49b91dd9cd6daff8d3d2c

             Jika sistem buddy ini dapat diterapkan di sekolah-sekolah di Indonesia, khususnya di Yogyakarta, maka bukan tidak mungkin sekolah akan menjadi tempat yang menyenangkan dan aman untuk anak sekolah. Khususnya untuk siswa baru yang membutuhkan bantuan dalam beradaptasi dan melalui masa transisi di sekolah yang baru.

           GSM melalui project sosial yang akan berlangsung di tahun 2016 ini, akan membantu mengubah sekolah- sekolah menjadi menyenangkan dan aman, terutama di sekolah-sekolah yang telah dipilih untuk menjadi sekolah model di Yogyakarta. Salah satunya dengan cara meningkatkan keterampilan guru dalam meng”engage” anak untuk menerapkan sistem buddy ini di sekolah.

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Loading...