content detail

Sekolah Yogyakarta Tanamkan Pendidikan Karakter Pada Siswa

Post by: 27/03/2015 3 comments 2501 views
Proses Pembagian Reward (cuplikan video)
Proses Pembagian Reward (cuplikan video)

Pada November 2014 lalu, Perhimpunan Indonesia Belajar yang bekerjasama dengan Universitas Ahmad Dahlan, memberikan pelatihan mengenai pendidikan karakter kepada guru-guru TK maupun SD di Yogyakarta (Baca: Guru Australia Bagi Pengalaman Sekolah Menyenangkan di Yogyakarta). Pelatihan tersebut diisi oleh dua orang guru dari Clayton North Primary School, Victoria, Australia, yaitu Kenneth Chalterton dan Josephine Burt. Mereka berdua berbagi kepada guru-guru yang datang di pelatihan ini tentang bagaimana Australia membangun karakter siswa-siswanya, seperti kepemimpinan, tolong menolong, dan menghargai perbedaan. Mereka juga bercerita soal menanamkan budaya membaca dengan memberi siswa tugas membaca buku di rumah dan mengemukakan pendapatnya terhadap buku yang dibaca. Tidak lupa, sekolah akan memberi award bagi siswa yang sudah membaca 25 buku.

Tiga sekolah yang mengikuti pelatihan diatas, yaitu SD Muhammadiyah Pakem, SD Muhammadiyah Condongcatur dan PAUD Nuraini. Sekolah sekolah tersebut merupakan sekolah yang telah berusaha melakukan pendidikan karakter sebelumnya. Setelah mengikuti pelatihan, sekolah mempunyai lebih banyak inspirasi kegiatan yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan proses pembelajaran yang menyenangkan.

Salah satu contohnya adalah SD Muhammadiyah Pakem. Mereka menerapkan dua program unggulan, yaitu tanda bintang (sistem reward) dan buddy (untuk meminimalisir bullying) (Baca: Sekolah Dasar di Kaki Gunung Merapi  Terinspirasi Model Sekolah di Australia ). Sementara itu, SD Muhammadiyah Condongcatur mempunyai kegiatan untuk melatih kepemimpinan anak melalui rutinitas sehari-hari anak di sekolah. Seperti terlihat di video dibawah, setiap hari anak melakukan sholat berjamaah. Setelah selesai sholat berjamaah, siswa yang mengajukan diri, akan memberikan kultum (kuliah tujuh menit). Siswa laki-laki maupun perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk mengajukan dirinya mengisi kultum. SD Muhammadiyah Condongcatur berusaha untuk meningkatkan minat baca anak dengan mengurangi Pekerjaan Rumah (PR) dan menggantinya dengan tugas membaca buku di rumah. Beberapa program unggulan mereka untuk pendidikan karakter ditangkap oleh kamera video dengan durasi kurang lebih 9 menit yang dapat disaksikan dibawah ini.

Sekolah yang menyenangkan dan menanamkan pendidikan karakter juga dimiliki Indonesia. Bahkan melalui kegiatan-kegiatan sederhana yang sebenarnya telah diterapkan sebelumnya. Kita hanya perlu menggali lebih banyak lagi untuk dapat membuatnya lebih efektif.

Sumber : Link Video

Comments (3)

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai “Sekolah Yogyakarta Tanamkan Pendidikan Karakter Pada Siswa”.
Menurut saya pendidikan yang berperan penting dalam pembentukan karakter individu manusia. Saya juga mempunyai video mengenai Pendidikan yang bisa anda kunjungi di http://video.gunadarma.ac.id/play.php?vid=484

Balas

    Terimakasih, semoga ke depan ada kesempatan juga untuk saling bertukar informasi tentang isu ini.

    Balas

Artikel ini sangta menarik. Memang harus sejak dini jika ingin menanamkan karakter pada seseorang

Balas

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Loading...