content detail

Menyenangkan , Belajar Bahasa Inggris Dengan Metode Bernyanyi

Post by: 05/02/2016 0 comments 1291 views

Bahasa inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang harus dikuasai siswa SD pada jaman globalisasi seperti sekarang ini. Siswa dituntut untuk menguasai materi bahasa inggris yang ada di sekolah. Namun jika cara mengajari mereka masih dengan cara klasikal, maka siswa akan cenderung merasa cepat bosan dan tidak tertarik lagi untuk belajar bahasa inggris.

 

Untuk mengantisipasi kebosanan siswa, ada banyak cara/metode yang dapat diterapkan oleh guru, salah satunya adalah metode bernyanyi. Kita dapat menggunakan metode bernyanyi untuk mengajari anak berbahasa inggris. Karena dengan bernyanyi siswa tidak akan mudah merasa bosan dan proses belajar menjadi lebih menyenangkan. Ketika siswa bisa belajar dengan nyaman dan dengan hati senang gembira, siswa akan lebih mudah memahami apa yang sedang dipelajari, dan proses pembelajaran pun akan lebih efektif dan menyenangkan bagi anak.

 

Mengapa demikian?

Seperti yang kita ketahui bahwa, anak-anak seusia SD hingga SMP masih membutuhkan perhatian, hiburan dan pembelajaran yang mengutamakan aktivitas. Jadi jika menggunakan metode belajar yang klasikal, maka siswa akan sulit menangkap materi yang sedang diajarkan oleh guru. sebaliknya jika menggunakan metode bernyanyi, maka siswa akan lebih mudah mempelajarinya dan pembelajaranpun menjadi sangat menyenangkan.

 

Tujuan mengajarkan bahasa Inggris sambil bernyanyi yaitu agar siswa lebih tertarik dan fokus dalam proses pembelajaran yang menyenangkan. Selain itu, tujuan pembelajaran seperti ini juga membantu siswa untuk memahami pengucapan suatu kata dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar.

 

Sedangkan manfaat yang diperoleh dari menggunakan metode bernyanyi ini adalah siswa menjadi lebih bersemangat dalam bernyanyi dan belajar bahasa inggris. Selain itu, dengan ditambah gerakan saat bernyanyi, diharapkan siswa bisa lebih mengingat pelajaran bahasa inggris yang diajarkan.

 

Berikut contoh video belajar bahasa inggris dengan metode bernyanyi:

klik di sini

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Loading...