content detail

Menumbuhkan Kebiasaan Membaca pada Anak

Post by: 29/04/2015 0 comments 1157 views
sumber: http://www.multilingualliving.com/
sumber: http://www.multilingualliving.com/

Kebiasaan membaca bagi anak merupakan hal yang penting. Selain karena dapat memperkaya bahasa dan pemahaman anak, membaca dapat memberikan anak pengetahuan yang luas. Ketrampilan berpikir kritis dan menganalisis masalah pun dapat berkembang dengan membaca. Di Australia, kebiasaan membaca telah menjadi bagian dari keseharian anak sekolah, bahkan menjadi salah satu tugas wajib dari sekolah (Baca: Kisah Tentang Adzra). Namun, di Indonesia, kebiasaan membaca masih belum terinternalisasi dalam program sekolah. Terlebih, perkembangan zaman membuat anak jauh lebih tertarik menonton televisi atau bermain game daripada duduk membaca.

Lalu, bagaimana cara membuat anak suka membaca? Salah satunya adalah membuat membaca menjadi kebiasaan anak, bukan sebuah paksaan. Berikut ada beberapa tips cara bagaimana orang tua dapat membantu meningkatkan minat baca anak, bahkan menjadikannya kebiasaan.

  1. Jika anak belum dapat membaca, maka bacakanlah cerita kepada anak (Baca: Rhyme Time dan Story Time: Kegiatan Mingguan yang Asyik). 

Membacakan cerita yang disukai anak-anak dapat membuat anak memiliki keinginan untuk mengetahui lebih banyak cerita dan memotivasinya untuk turut membaca, terlebih jika bukunya bergambar.

  1. Tidak memaksa

Untuk menanamkan kebiasaan membaca, tidak perlu memaksa anak untuk membaca hal-hal yang berbau lakademik atau yang tidak ia sukai. Apalagi jika disertai dengan ancaman hukuman jika anak tidak mau membaca. Sebab, memaksa justru malah dapat membuat anak merasa bahwa membaca bukan hal yang menyenangkan.

  1. Ikuti minat bacaan anak

Menanamkan kebiasaan membaca pada anak dapat dilakukan dengan mengikuti minatnya. Oleh sebab itu, libatkanlah anak dalam memilih bahan bacaan yang akan dia baca. Misalnya saja jika anak menyukai salah satu tokoh film kartun, maka mulailah dengan bacaan-bacaan yang terkait hal tersebut. Misalnya memberinya buku cerita soal kartun itu, atau majalah anak-anak yang membahas soal tokoh kartun tersebut.

  1. Ciptakan suasana yang menyenangkan

Suasana yang disukai anak dapat membantu mempertahankankan suasana nyaman di hati anak ketika ia sedang membaca. Misalnya jika anak suka dengan suasana yang santai dan tenang, maka tempat membaca dapat dilakukan di sofa atau karpet dengan bantal lantai. Jika anak suka dengan musik, maka membaca bisa ditemani dengan alunan musik yang ia sukai.

  1. Membaca bersama (Baca: Ibu, Membacalah Bersamaku)

Orang tua merupakan contoh bagi anak. Oleh sebab itu, orang tua dapat menemani anak membaca, baik dengan buku yang sama, atau buku yang berbeda dengan anak. Nyamankan anak dengan mengajaknya membaca bersama, sehingga selain membaca, anak juga merasa lebih dekat dengan orang tua.

  1. Berikan pujian

Pujian merupakan salah satu penguatan positif yang membuat anak mempertahankan perilakunya yang baik. Memberikan pujian pada anak ketika ia membaca, diharapkan dapat membuatnya merasa senang dan memperkuat perilaku membacanya.

Demikian beberapa tips yang dapat dilakukan. Sudah mulai tertarik untuk mengajak anak membaca? Selamat membaca!

 

Shiane Anita Syarif, kontributor. Dirangkum dari berbagai sumber.

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Loading...