content detail

Menjaga Kesehatan Anak di Sekolah

Post by: 09/04/2015 0 comments 1121 views

coverage

Kesehatan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi perkembangan anak. Pada anak usia sekolah, waktu akan mereka menghabiskan waktu belajar di sekolah enam sampai dengan tujuh jam tiap hari nya. Penyebaran kuman di sekolah tergolong sangat mudah karena siswa berinteraksi dalam jarak dekat dan menggunakan peralatan sekolah secara bergantian. Hal ini membuat lingkungan sekolah perlu turut serta dalam menjaga kesehatan siswanya.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh guru dan sekolah untuk membantu menjaga kesehatan anak di sekolah, yaitu:

Membiasakan anak-anak untuk mencuci tangan

Sering mencuci tangan dengan benar dapat mencegah anak terinfeksi kuman. Cuci tangan penting dilakukan secara rutin seperti setelah menggunakan toilet, sebelum makan, dan setelah melakukan aktivitas.

Menjaga kebersihan barang-barang kelas

Barang-barang di kelas merupakan benda yang digunakan bergantian sehingga memiliki resiko cukup tinggi sebagai media penyebaran kuman. Menjaga kebersihan dapat dilakukan dengan membersihkan kelas secara rutin menggunakan disinfektan.

Meminta anak-anak yang sakit untuk beristirahat di rumah

Anak-anak yang mengalami gangguan kesehatan seperti flu atau diare, lebih baik beristirahat di rumah. Guru pun harus memperhatikan perubahan yang terjadi pada siswa, sehingga jika siswa terlihat tidak sehat, dapat langsung dibawa ke Unit Kesehatan Sekolah.

Mengajari anak bagaimana cara batuk dan bersin yang higienis

Infeksi saluran pernafasan dapat menyebar melalui udara dari batuk dan bersin. Guru dapat mendemonstrasikan bagaimana cara batuk dan bersin menggunakan tissue, segera membuangnya ke tempat sampah, serta mencuci tangan.

Mengawasi makanan yang ada di sekolah

Makanan dan minuman yang dijual di kantin sekolah sebaiknya memang diawasi kebersihan dan gizinya sehingga anak-anak dapat jajan di kantin dengan rasa aman.

 

Disadur dari kidshealth.org

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Loading...