content detail

Menciptakan Kelas Yang Menyenangkan

Post by: 22/02/2016 0 comments 1453 views
Berikut merupakan tulisan dari Ibu Yuna Puteri Kadarisman berdasarkan pengalaman saat malaksanakan penelitian di SD Muhammadiyah Macanan, Sleman dan SDN Babarsari, Yogyakarta.

 

            Bulan Januari 2016 yang lalu saya berkesempatan untuk mengunjungi dua sekolah dalam jaringan Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM). SD Muhammadiyah Macanan, Sleman dan SDN Babarsari, Yogyakarta.  Kedua sekolah ini begitu berbeda, namun memiliki semangat yang sama, berusaha membuat lingkungan sekolah menjadi tempat yang menyenangkan bagi siswa-siswanya.

SD Muh Macanan
SD Muh Macanan

            SD Muhammadiyah Macanan, yang merupakan SD swasta, mencoba menciptakan suasana menyenangkan melalui lingkungan sekolah yang menyenangkan. Ruang kelas dan lingkungan sekolah di beri warna-warna menarik bukan hanya menyenangkan namun juga mengundang rasa ingin tahu. Setiap kelas mendapat sentuhan yang berbeda. Kelas 1 dan 2 memiliki perpustakaan mini di belakang kelas yang menyediakan buku-buku bacaan bagi siswa di kelas. Kelas 3 sampai kelas 6 sudah mulai dihiasi dengan kreatifitas penghuni kelas. Ada hiasan di kaca, hingga tulisan ringan tentang cita-cita semasa dewasa.

SD Macanan
SD Muh Macanan

            Berbeda dengan SD Muhammadiyah Macanan, SDN Babarsari lebih mengedepankan aktifitas di kelas untuk menciptakan suasana menyenangkan. Salam ‘tos’ yang berbeda dilakukan antara guru dan murid tanpa terkecuali. Hal ini membawa semangat tersendiri bagi setiap siswa yang datang ke sekolah. Selain itu, beberapa kelas yang saya kunjungi melibatkan banyak kegiatan yang menuntut siswa untuk aktif berpartisipasi. Di kelas 1 yang sedang membuat kebun binatang dari bahan lilin, sesekali mereka berhenti untuk bernyanyi agar senantiasa bersemangat. Di kelas 3 yang sedang belajar tentang perkembangan tumbuhan, mereka sibuk menyiapkan pot-pot untuk langsung menanam aneka biji yang sudah mereka siapkan dari rumah.

            Apapun bentuknya, atau pendekatannya, saya sangat menghargai semangat kedua sekolah ini untuk menciptakan sekolah sebagai lebih dari sekedar tempat menimba ilmu, namun juga sebagai rumah kedua yang menyenangkan.

 

Regards,

Yuna Puteri Kadarisman

MAN Insan Cendekia Serpong

Jl. Cendekia, sektor XI, BSD, Serpong, Tangerang Selatan
15310

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Loading...