content detail

Memilih dan Mempersiapkan Babysitter I: Tips Mencari Babysitter

Post by: 29/07/2015 0 comments 1417 views

Mempercayai seseorang untuk merawat anak adalah hal yang menantang bagi orangtua. Mencari babysitter atau pengasuh yang berkualitas membutuhkan waktu dan usaha yang cukup besar. Orang tua pasti menginginkan pengasuh yang matang, bersahabat, sehat, serta benar-benar menyukai anak-anak. Berikut beberapa tips untuk mencari babysitter untuk anak.

sumber: www.oprah.com
sumber: www.oprah.com

Meminta rekomendasi dari orang yang dikenal dan dipercaya adalah cara terbaik untuk menemukan pengasuh yang memiliki kemampuan dan dapat dipercaya. Misalnya rekomendasi dari saudara atau anggota keluarga lain yang pernah menggunakan jasa babysitter. Jika memang Anda adalah orang baru di daerah tersebut dan belum tahu bagaimana mencari pengasuh di daerah tersebut, cobalah untuk meminta rekomendasi dari tetangga atau rekan kerja. Bisa juga meminta saran dari staff di kantor dokter anak yang biasa Anda kunjungi. Jika anak sudah terdaftar di sebuah tempat penitipan anak, mungkin bisa juga meminta rekomendasi dari staff tempat penitipan anak yang sudah terbiasa mengasuh anak anda.

Bila ingin mencari babysitter dari agen penyalur, pastikan bahwa agen tersebut memang terkenal professional, atau merupakan agen yang direkomendasikan. Carilah babysitter yang memiliki identitas yang jelas. Pastikan Kartu Tanda Penduduknya (KTP) asli, serta perhatikan mulai dari alamat,  serta identitas lainnya yang dibutuhkan untuk menghubungi.

Wawancarai calon babysitter dapat membantu mempersempit pilihan. Siapkan daftar pertanyaan untuk ditanyakan. Wawancara juga dapat melihat kematangan dan kepribadian calon babysitter. Perhatikan riwayat kesehatannya, serta tanyakan pada calon babysitter mengenai pengalaman mereka mengasuh sebelumnya dan apakah ia memiliki sertifikat yang mendukung, misalnya sertifikat pelatihan pengasuh, atau pemberian CPR (pertolongan untuk pernafasan) untuk anak. Pengetahuan mengenai pertolongan pertama pada anak merupakan hal penting yang harus dimiliki babysitter.

Selain itu, pertimbangkan juga ketrampilan lain yang ia miliki, dan mungkin akan dibutuhkan, misalnya bisa memasak makanan anak, memahami perkembangan anak dan cara pengasuhan, Jika ia memiliki beberapa pengalaman kerja, ada baiknya Anda mencoba mengecek keluarga yang pernah mempekerjakannya.

Pertimbangkan juga untuk mengundang babysitter ke rumah sebelum ia bekerja, ketika Anda sedang ada di rumah. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah Anda dalam memutuskan dan mencari baby sitter. Lihat apakah ia dapat mengikuti aturan dan kondisi di rumah Anda, serta bagaimana interaksinya dengan anak. Apakah ia terlihat bisa membangun hubungan baik dengan anak, atau malah sangat ditolak oleh anak. Pertimbangkan reaksi dan pendapat anak ketika mereka melihat calon pengasuhnya.

 

dikembangkan dari kidshealth.com.

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Loading...