content detail

Membantu Anak Mengerjakan PR

Post by: 09/07/2015 1 comments 1472 views

Keberhasilan anak di sekolah sangat berhubungan dengan ketertarikan orang tua untuk terlibat dalam pendidikan anaknya (Baca: Ibu, Membacalah Bersamaku). Salah satunya adalah mengerjakan PR. Ketertarikan orang tua untuk turut aktif membantu, akan menunjukkan pada anak bahwa pendidikan yang mereka jalani atau mengerjakan PR adalah hal yang penting.

Membantu anak mengerjakan PR tentu saja bukan berarti menghabiskan waktu berjam-jam meringkuk di atas meja belajar. Membantu di sini, maksudnya adalah mendukung anak dengan menunjukkan kemampuan belajar dan organisasi, menjelaskan soal yang sulit bagi anak, atau hanya mengingatkan anak untuk istirahat. Dalam membantu anak mengerjakan PR, orang tua harus mengetahui seberapa porsi bantuan yang baiknya diberikan. Berikut ada beberapa tips tentang bagaimana mendukung anak dalam belajarnya, salah satunya adalah PR:

sumber: www.childrenpedia.net
sumber: www.childrenpedia.net
  1. Memahami guru dan tahu apa yang mereka cari

Hadirilah kegiatan sekolah yang mengundang orang tua, seperti pertemuan guru dan orang tua. Temuilah guru kelas anak, dan cari tahu tentang bagaimana guru mengatur PR anak, serta bagaimana cara orang tua terlibat. Komunikasi dengan guru dapat mempermudah orang tua dalam mencari jalan keluar bila terjadi masalah pada anak.

  1. Mengatur rumah sebagai tempat yang ramah untuk mengerjakan PR

Pastikan bahwa ada alat yang lengkap di rumah untuk mengerjakan PR. Misalnya alat tulis, atau perlengkapan lain untuk membuat PR yang berupa ketrampilan, seperti gunting, lem, dan sebagainya.

  1. Jadwalkan waktu belajar yang rutin

Cari tahu waktu terbaik yang nyaman bagi anak untuk belajar atau mengerjakan PR. Beberapa anak paling baik belajar di sore hari dengan ditemani camilan dan diselingi bermain. Sementara beberapa anak lebih maksimal jika belajar setelah jam makan malam.

  1. Bantu anak membuat perencanaan

Jika suatu saat anak menghadapi tugas yang cukup berat, bantu anak untuk mengelola waktu dalam mengerjakannya. Mungkin tidak dapat diselesaikan dalam waktu semalam, bantu anak untuk merencanakan mencicil tugas untuk beberapa hari dengan diselingi istirahat.

  1. Minimalkan gangguan yang mungkin terjadi

Gangguan yang dimaksud bisa dari TV, musik yang keras, atau HP. Jagalah agar hal-hal tersebut tidak mengganggu anak dalam belajar atau mengerjakan PR.

  1. Pastikan bahwa anak mengerjakan PR nya sendiri

Orang tua dapat memberikan masukan dan arahan ketika anak mengerjakan PR, tetapi yang perlu belajar tetaplah anak. Biarkan anak untuk belajar dari kesalahan mereka, sementara orang tua hanya mengarahkan.

  1. Jadilah motivator sekaligus pengawas

Jika perlu, tanyakan soal tugas, kuis, atau tes yang diberikan guru di sekolah. Dorong anak untuk memeriksa PR mereka dan sediakan diri untuk menjawab pertanyaan yang mungkin akan muncul dari anak.

  1. Jadilah contoh yang baik

Anak biasanya akan mencontoh apa yang orang tua lakukan daripada apa yang dinasehatkan. Jika ingin anak rajin, maka berilah contoh pada anak.

  1. Puji dan hargai usaha anak

Dapat dilakukan misalnya dengan memuji, menempelkan hasil tes yang nilainya baik di rumah, atau memajang hasil karya anak.

  1. Jika ada hambatan yang berulang dalam mengerjakan PR, carilah bantuan

Bicarakan soal anak dengan guru kelasnya, sehingga jika mungkin anak membutuhkan hal-hal khusus dapat segera ditangani.

 

Dikembangkan dari kidshealth.org. Tulisan lengkap dapat dibaca di sana.

Comments (1)

“great threat, i like it, thanks very_ much.”

Balas

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Loading...