content detail

Liputan Wawancara Prof John Loughran

Post by: 13/06/2016 0 comments 537 views

MERUBAH ORANG LEBIH PENTING

 

Oleh: Agung Wibawanto

 

Bagi yang belum sempat membaca Profile Prof John Loughran (Dean of Faculty of Education Monash University of Australia) di Swara Kampus KR Edisi Selasa (7/6) yang lalu, berikut naskah asli saat Swara Kampus KR mewawancarai Prof John Loughran

 

Foto : Prof John Loughran
Foto : Prof John Loughran

 

Di sela kesibukannya sebagai Dekan Fakultas Pendidikan Monash University, Prof John Loughran menyempatkan diri menjadi pembicara seminar Sekolah Menyenangkan dan Manusiawi yang diselenggarakan oleh Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di MM UGM, Senin (30/5). Swara Kampus KR berkesempatan melakukan interview singkat kepada John Loughran. Berikut liputan wawancara selengkapnya:

 

Bagi Anda, apa pentingnya pendidikan untuk kehidupan manusia?
Pendidikan menciptakan kesempatan bagi orang untuk mengendalikan kehidupan mereka. Dengan dididik, peluang, ide-ide dan kemungkinan dapat lebih dipahami dan diambil untuk membentuk apa yang kita lakukan, bagaimana dan mengapa. Pendidikan memberikan kesempatan menjadi anggota informasi dari masyarakat dan untuk berkontribusi secara positif membentuk dunia di sekitar kita.

 

Apa alasan Anda sehingga memutuskan untuk bekerjasama dengan Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM)?
Alasan saya memutuskan bekerja dengan GSM adalah karena orang-orang yang terlibat, gairah, minat dan keterlibatan mereka dan kejujuran pendekatan mereka. Mereka memiliki kepedulian yang nyata untuk belajar yang berkualitas dan itu adalah sesuatu yang beresonansi kuat dengan saya sebagai seorang pendidik. Ini benar-benar penting dan GSM berniat baik, orang-orang jujur berusaha untuk meningkatkan pembelajaran dari orang lain. Itu adalah suatu hal yang baik untuk melihat dan terlibat.

 

Apa pendapat Anda tentang pendidikan di Indonesia?
Saya bukan ahli tentang pendidikan di Indonesia tapi saya sadar melalui GSM perhatian untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran. Itu adalah keinginan yang sama seperti di Australia. Kedua negara mungkin berbeda dalam hal pengembangan kualitas pengajaran dan pembelajaran, tapi pada akhirnya, keinginan untuk student centered, peserta didik aktif yang mampu bertanggungjawab untuk belajar dan tindakan mereka sangat penting. Mendorong maju dengan itu agenda (pendidikan) di Indonesia benar-benar penting.

 

Apa perbedaan antara pendidikan di Australia dengan di Indonesia?
Pendidikan di Australia mungkin resource-nya lebih tinggi daripada di Indonesia, tapi yang penting bagi kedua negara adalah tentang maksud pengembangan pendidikan. Itu berarti bahwa guru perlu kesempatan untuk pengembangan profesional berkelanjutan sehingga mereka dapat belajar bagaimana mendukung pembelajaran siswa.

Mengajar yang baik menuntut kerja dan membutuhkan keterampilan canggih, pengetahuan dan kemampuan yang perlu terus-menerus diasah. Ketika guru ditantang tentang perkembangan ajaran mereka itu mempengaruhi secara dramatis cara mereka mendukung pembelajaran siswa mereka. Jadi mendukung pengembangan guru merupakan hal terpenting untuk mendukung peningkatan belajar siswa.

 

Ini pertanyaan klasik, bagi anda mana yang lebih penting? Sebuah sistem yang baik atau sumber daya manusia dengan baik?
Dan jawaban klasik saya adalah untuk berinvestasi pada orang. Sumber daya manusia yang paling penting, sistem harus dirancang untuk mendukung sumber daya manusia yang membuat sistem kerja terbaik.

 

Pertanyaan terakhir, apa pesan atau harapan anda kepada para guru ataupun mahasiswa program pendidikan (calon guru) di Indonesia?
Pesan saya adalah: belajar mengajar harus ada dalam hubungan dua arah dengan dekat. Mengajar harus mempengaruhi belajar dan pembelajaran harus membentuk mengajar, dengan demikian karya guru dan siswa bersama-sama adalah pengalaman kolaboratif, bijaksana dan bermakna dan memang itulah sekolah yang seharusnya. Sebuah hubungan yang kuat dibangun atas rasa hormat, kepercayaan dan pembangunan untuk semua.

 

Profil Prof John Loughran di Swara Kampus Kedaulatan Rakyat edisi Selasa (7/6)
Profil Prof John Loughran di Swara Kampus Kedaulatan Rakyat edisi Selasa (7/6)

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Loading...