content detail

Guru: Pendidik atau Pengajar?

Post by: 20/08/2015 0 comments 1077 views

Mencoba mendudukkan kembali apa bedanya ‘Mendidik’ dan ‘Mengajar’, dan apa ukuran kesuksesan dan kebahagiaan seorang guru/dosen.

Bila kesuksesan adalah tujuan para guru….

Bila kebahagiaan adalah tujuan para guru….

Maka…

Patut dikhawatirkan … BANGSA INI TIDAK AKAN MENDAPATKAN GENERASI YANG SUKSES DAN BAHAGIA.

Karena yang dikejar adalah kesuksesan diri …

Kesuksesan guru/dosen yang diukur dengan aturan-aturan administratif…

yang lebih banyak mengatur tentang kenaikan pangkat guru/dosen …

Apakah ini yang menjadi patokan para guru/dosen untuk memperoleh kebahagiaan?

sumber: www.huffingtonpost.com
sumber: www.huffingtonpost.com

Kesuksesan seorang GURU/DOSEN dan kebahagiaan seorang GURU/DOSEN adalah ketika mampu menghasilkan sebanyak mungkin ANAK-ANAK DIDIK yang sukses dan bahagia. Maka akan menghasilkan kesuksesan dan kebahagiaan bagi BANGSA.

Jadi fokusnya adalah bukan seorang guru/dosen berhasil mencapai derajad kesuksesan administratif, misalnya jabatan dan pangkatnya tinggi. Namun lebih bagaimana mampu memberikan SURI TAULADAN dan INSPIRASI kepada anak-anak didiknya.

Kesuksesan bukan karena diberi, kebahagiaan juga bukan karena kemauannya dituruti. Keteladanan adalah karakter guru. Sukses dan kebahagiaan anak didik adalah kesuksesan dan kebahagiaan seorang guru.

Jika sang guru/dosen sukses dan bahagia bukan karena dasar kesuksesan dan kebahagiaan yang diraih oleh anak didiknya, maka dia tidak lebih sebagai seorang PENGAJAR. Seorang Pengajar itu ibarat tap (kran), sementara pipa-pipa adalah lembaga pendidikan itu sendiri. Pengajar punya KUASA untuk “mengatur” aliran pengetahuan itu.

Apakah karena gaji, insentif dan banyak pemberian oleh Pemerintah/banyak pihak yang selama ini diberikan membuat guru sukses dan bahagia? Mungkinkah itu bentuk kebohongan dalam fatamorgana? Sawang sinawang.

 

Disadur dan dikembangkan dari kutipan Gede Bayu Suparta, staf pengajar Fakultas MIPA UGM.

Artikel asli dapat dilihat di sini,

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Loading...