content detail

Full Day School Dimata Pendiri GSM

Post by: 15/08/2016 0 comments 543 views

Bagaimana pendapat M. Nur Rizal, Ph.D selaku pendiri GSM (Gerakan Sekolah Menyenangkan)  mengenai sistem belajar Full Day School yang digagas oleh menteri pendidikan Muhadjir Effendi ?

“Sepengetahuan saya Full day school ini kan ide pak menteri pendidikan yang baru yang ingin menerapkan program nawacita di pendidikan dasar dan menengah, dimana pembentukan karakter i ni menjadi porsi dan harus diberikan ruang porsi bobot yang sangat besar. Kemudian pak menteri pendidikan yang baru pak Muhadjir ingin menerapkannya dengan full day school, dimana di siang hingga sore hari banyak kegiatan ekstra kurikuler yang merangsang aktivitas perkembangan budi pekerti dan karakter ank-anak.

“Bahwa sekolah itu menjadi tempat anak-anak mengembangkan karakternya di dalam sekolah. Kita juga harus menilik dari aspek sosiologis di Indonesia. (M Nur RIzal, Ph.D).”

“Mendidik tidak hanya mengajar, Ki Hadjar Dewantara sebagai tokoh pendidikan itu mengatakan pendidikan itu selain mengasah pola pikir itu juga mengasah akal budi dan juga kebudayaan, makanya Ki Hajar Dewantara itu menyebut sekolah bukan hanya sekolah, tetapi taman. Taman itu adalah tempat yang menyenangkan, maka pola pembelajarannya harus menyenangkan, membahagiakan, memberikan motivasi pada anak, agar anak tidak hanya dijejali ilmu pengetahuan. Tetapi juga belajar bagaimana menumbuhkan kepedulian, bagaimana menumbuhkan kejujuran, bagaimana kemudian membangun karakter-karakter positif lainnya, dan yang terpenting membangun budaya. (M Nur Rizal, Ph.D)”

Video berikut merupakan pendapat pendiri GSM tentang Full Day School

Sumber : Link Video

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Loading...