content detail

Cara Mencegah Anak Menjadi Perokok

Post by: 14/04/2015 0 comments 1668 views
sumber: http://www.pannondoktor.hu/
sumber: http://www.pannondoktor.hu/

Perilaku merokok masih menjadi hal yang tumbuh subur dan terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Mulai pertengahan tahun 2014, perusahaan rokok diwajibkan untuk memasang gambar akibat merokok pada bungkus rokok. Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk usaha pemerintah untuk mengurangi perokok pemula di Indonesia. Pada umumnya, perokok pemula berada pada usia remaja. Bahkan ada yang sudah mulai mencoba rokok sejak masih anak-anak.

Banyak alasan yang menjadikan anak dan remaja menjadi seorang perokok, misalnya karena pergaulan, merokok terlihat keren, dan sebagainya. Namun, orang tua dapat berusaha untuk mencegah anak-anaknya menjadi perokok. Membangun komunikasi yang baik dengan anak dapat mempermudah usaha orangtua tersebut.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk membantu orang tua mencegah anaknya menjadi perokok:

  1. Berdiskusi dengan anak tentang rokok dengan cara yang tidak membuat anak takut dihukum atau disalahkan. Tanyakan pada anak apa yan menarik dan tidak menarik dari rokok, lalu dengarkanlah pendapat anak. Selain itu, memberi tahu anak mengenai bahaya dan kerugian yang disebabkan rokok sangatlah penting. Hal tersebut perlu ditanamkan sejak lama. Ada baiknya anak mengetahui bahaya rokok sejak dia masih kecil.
  2. Dorong anak untuk memiliki kepercayaan diri, sebab hal tersebut membantu anak untuk terhindar dari ajakan teman sebaya untuk merokok. Anak juga perlu mengerti bagaimana menolak ajakan untuk merokok dengan tetap menghargai dan tidak menyakiti temannya. Hal dapat membuat anak tidak perlu merokok meski berteman dengan perokok.
  3. Mendorong anak untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk menghindari rokok, misalnya dengan olah raga, atau hal lain yang menjadi minat anak.
  4. Memberi contoh pada anak. Orangtua adalah orang yang sangat dekat untuk menjadi contoh bagi anak. Jadi, jika orangtua tidak menginginkan anaknya menjadi perokok, orangtua juga seharusnya tidak menjadi perokok.

 

Dikembangkan dari kidshealth.org

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Loading...