content detail

Apa itu Iklim Sekolah yang Positif?

Post by: 22/05/2015 0 comments 2800 views

Permasalahan yang terjadi di sekolah bukanlah hal yang sederhana. Isu-isu kecil yang terjadi dapat memberi dampak yang besar bagi banyak orang. Misalnya saja masalah kekerasan di lingkungan sekolah, siswa yang menyimpang, keisengan yang menimbulkan pengrusakan dan sampah, perbedaan sosial ekonomi. Bahkan sampai dengan masalah kesejahteraan guru yang membuat guru tidak maksimal dalam mengajar.

Penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sekolah yang positif dapat membantu menyelesaikan masalah-masalah di sekolah. Menurut hasil penelitian, lingkungan sekolah positif dapat menurunkan perilaku membolos, skors, penyalahgunaan zat, bullying, dan meningkatkan pencapaian akademik, motivasi untuk belajar, serta kesejahteraan psikologis. Bahkan dapat mengurangi efek negatif dari kritik dan status sosial ekonomi dalam kesuksesan akademik. Selain itu, guru pun dapat lebih nyaman.

sumber: youth.gov
sumber: youth.gov

Tantangannya adalah, menciptakan iklim lingkungan sekolah yang positif adalah hal yang sangat sulit. Setiap manusia memiliki pemikiran sendiri-sendiri, sehingga akan sulit untuk membuat seseroang menjadi bersemangat dan optimis dengan perintah. Hal itu membutuhkan perawatan yang banyak, sebab motivasi dan kebutuhan manusia adalah hal yang kompleks. Berikut beberapa tips bagaimana cara memulainya.

Mari gambarkan sejenak bagaimana yang dimaksud dengan iklim sekolah yang positif. Ketika kita memasuki sekolah, kita dapat langsung merasakan iklim sekolah dengan hanya melihat interaksi antar manusia dan melihat lingkungan fisiknya. Apakah guru, murid, dan kepala sekolahnya terlihat senang dan saling menghormati satu sama lain? Apakah sekolahnya bersih dan teratur? Apakah papan pengumuman berisi pesan-pesan yang positif? Apakah murid terikat dengan apa yang mereka pelajari?

Pada tahun 2007, National School Climate Council, mengeluarkan criteria spesifik yang mendefinisikan iklim sekolah yang positif, yaitu:

  • Norma, nilai, dan harapan yang mendukung kemanan sosial, emosional, dan fisik.
  • Keterikatan dan saling menghormati satu sama lain.
  • Murid, keluarga, dan pendidik bekerja bersama-sama untuk mengembangkan visi sekolah.
  • Pendidik memelihara sikap menekankan keuntungan yang didapatkan dari belajar.
  • Setiap orang berkontribusi dalam operasional sekolah dan menjaga lingkungan fisik sekolah.

Sumber: greatergood.berkeley.edu

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Loading...