content detail

101 Tips Menjadi Guru Kreatif VII: Mendidik Diri

Post by: 18/08/2015 0 comments 1091 views

Dibutuhkan usaha untuk memelihara, menumbuhkan, dan mengembangkan kreativitas. Tips pertama menjadi guru kreatif adalah menemukan dan belajar memanfaatkan ide (Baca: Menemukan Ide Kreatif & Memanfaatkan Ide Kreatif), guru kreatif juga dapat menginspirasi siswa agar berani berpikir kreatif (Baca: Menginspirasi Siswa).

Memberi stimulus yang tepat pada siswa sangatlah penting untuk membuka jalan menuju ide cemerlang. Hal tersebut dapat dilakukan dengan merancang kelas dan aktivitas yang kreatif (Baca: Kelas yang Kreatif & Aktivitas Kreatif). Dalam kreativitas, kolaborasi adalah salah satu hal yang membuat ide kreatif dapat mengalir. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari penggunaan ide, berkolaborasilah dengan orang lain (Baca: Berbagi dan Berkolaborasi). Tips yang terakhir dalam kreativitas adalah memperkaya diri sendiri akan pengetahuan. Jika belum banyak tahu soal kreativitas, belajarlah. Tips ini akan membantu Anda menjadi ahli soal kreativitas.

sumber: www.lesley.edu
sumber: www.lesley.edu

91. Riset mengenai teknik berpikir kreatif

Ada berbagai teknik yang dapat membantu Anda memanfaatkan pemikiran kreatif. Melakukan riset kecil untuk mempelajari lebih lanjut mengenai kreativitas akan sangat membantu.

92. Gunakan internet

Internet adalah salah satu tempat yang sangat baik untuk melakukan brainstorming.ada banyak sekali rencara pembelajaran, video, dan proyek yang dapat Anda lihat untuk mencari inspirasi.

93. Memahami proses

Kreativitas bukan hanya produk. Faktanya, kreativitas lebih kepada proses. Mencoba memahami proses kreatif dan menggabungkannya dengan apa yang Anda butuhkan dapat membuat Anda merasa lebih produktif.

94. Cobalah hal baru dengan teratur

Beri kreativitas dorongan dan belajar sesuatu yang baru dalam proses mencari kebaruan. Hal ini akan membuat Anda tetap menjaga otak tetap tajam.

95. Membaca buku tentang kreativitas

Ada banyak hal yang perlu dipelajari mengenai kreativitas, dan buku adalah salah satu media yang baik untuk memulai.

96. Pertimbangkan kepentingan siswa

Ketika Anda bisa menarik perhatian siswa, mereka akan tetap tertarik pada sekolah. Bantu mereka untuk belajar dan mengeksplorasi tentang ketertarikan mereka, dan mengubah ketertarikan menjadi pelajaran berharga dan pengalaman kreatif.

97. Belajar mengenai metode kreatif

Ada berbagai macam metode untuk membantu siswa merasa lebih kreatif. Belajarlah entang kreativitas sebanyak mungkin, dan Anda mungkin akan menemukan hal yang dapat digunakan.

98. Lihat video

Ada banyak video yang dapat menginspirasi menjadi lebih artistic, kreatif, dan berani pada pelajaran dan metode pembelajaran. Jika belum, cobalah untuk mencari beberapa video pendidikan yang baru.

99. Mencari mentor

Bahkan guru yang sudah berpengalaman terkadang membutuhkan bantuan untuk menghindari kejenuhan dan tetap kreatif. Cari mentor yang tepan yang dapat membantu tujuan professional Anda.

100. Belajar mengenai otak

Jika Anda benar-benar memahami soal kreativitas dan pembelajaran, belajarlah lagi mengenai organ yang bertanggungjawab pada kedua proses tersebut: otak.

101. Mendengarkan

Siswa, teman, kolega, dan keluarga dapat menjadi tempat yang sangat baik untuk mencari inspirasi, bimbingan, dan bantuan untuk kelas Anda.

 

disadur dari teachthought.com

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Loading...