content detail

101 Tips Menjadi Guru Kreatif VI: Berbagi dan Berkolaborasi

Post by: 13/08/2015 0 comments 1099 views

Dibutuhkan usaha untuk memelihara, menumbuhkan, dan mengembangkan kreativitas. Setelah menemukan dan belajar memanfaatkan ide (Baca: Menemukan Ide Kreatif & Memanfaatkan Ide Kreatif), guru kreatif juga dapat menginspirasi siswa agar berani berpikir kreatif (Baca: Menginspirasi Siswa). Memberi stimulus yang tepat pada siswa sangatlah penting untuk membuka jalan menuju ide cemerlang. Hal tersebut dapat dilakukan dengan merancang kelas (Baca: Kelas yang Kreatif) dan aktivitas yang kreatif (Baca: Aktivitas Kreatif). Dalam kreativitas, kolaborasi adalah salah satu hal yang membuat ide kreatif dapat mengalir. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari penggunaan ide, berkolaborasilah dengan orang lain. Bagaimana menciptakan suasana yang membuat siswa dapat berbagi dan berkolaborasi dengan baik?

sumber: www.bricksandbread.com
sumber: www.bricksandbread.com

84. Gunakan pinterest

Pinterest (salah satu media sosial) adalah tempat yang baik untuk mengumpulkan ide bagi kelas Anda dan berhubungan dengan guru lainnya.

85. Bicaralah dengan guru lain

Berbagi ide dan bekerja bersama dengan guru lain mengenai ide kreatif maupun masalah yang harus diselesaikan dapat membuat Anda merasa terbantu dan termotivasi dengan pekerjaan yang dilakukan.

86. Bekerja dengan orang lain

Dua pikiran akan lebih baik dari pada sendiri ketika menyelesaikan masalah dengan solusi yang kreatif. Mintalah bantuan guru lain, teman, dan pemikiran yang mendalam untuk meningkatkan hasil pemikiran kreatif.

87. Bagikan semangat kreatif Anda

Bantu orang lain di sekitar Anda untuk mencari ide kreatif mereka sendiri dengan berbagi ide dan antusiasme dengan teman.

88. Bergabunglah dengan diskusi

Sosial media, forum, atau sumber daya online lainnya dapat membuat Anda terlibat dalam percakapan mengenai kreativitas di kelas. Anda dapat belajar dan berbagi pengalaman di sana.

89. Tunjukkan hasil pekerjaan Anda

Tampilkan pada siswa bahwa Anda menghargai kreativitas dengan menunjukkan karya kreatif Anda sendiri, seperti puisi, lagu, lukisan, atau apapun yang menarik.

90. Bergabunglah dengan kelompok

Jika Anda tidak memiliki waktu yang cukup di kelas untuk fokus pada topic yang anda sukai, cobalah untuk bergabung dengan club seperti ekstrakulikuler, atau kelompok lain seperti organisasi di luar kelas. Hal ini akan membantu Anda untuk berbagi apa yang anda tahu, serta belajar dari orang lain.

 

disadur dari teachthought.com

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Loading...