content detail

101 Tips Menjadi Guru Kreatif V: Aktivitas Kreatif

Post by: 12/08/2015 0 comments 1640 views

Dibutuhkan usaha untuk memelihara, menumbuhkan, dan mengembangkan kreativitas. Bagi pendidik, menjadi kreatif akan lebih menantang, karena diminta untuk mampu menginspirasi siswa atau menggunakan kreativitas untuk menerjemahkan tuntutan akademik, ujian, dan masalah lainnya yang ada di dalam kelas. Suasana yang dibentuk dari kreativitas dapat membantu menciptakan lingkungan kelas yang lebih memberi motivasi, menarik, dan mendidik bagi siswa dan guru.

sumber: www.nymetroparents.com
sumber: www.nymetroparents.com

Setelah menemukan dan belajar memanfaatkan ide (Baca: Menemukan Ide Kreatif & Memanfaatkan Ide Kreatif), guru kreatif juga dapat menginspirasi siswa agar berani berpikir kreatif (Baca: Menginspirasi Siswa). Memberi stimulus yang tepat pada siswa sangatlah penting untuk membuka jalan menuju ide cemerlang. Hal tersebut dapat dilakukan dengan merancang kelas (Baca: Kelas yang Kreatif) dan aktivitas yang kreatif. Berikut beberapa tips untuk merencanakan aktivitas kreatif yang menarik untuk mengeksplorasi pelajaran di kelas.

64. Brainstorming (mengungkapkan pendapat dalam diskusi)

Baik bekerja sendiri maupun dengan orang lain, brainstorming dapat menjadi cara yang baik untuk mengalirkan ide kreatif. Biarkan pikiran anda mengalir dan jangan harapkan semua ide menjadi pemenang.

65. Gunakan teknologi

Teknologi adalah alat yang luar biasa untuk meningkatkan kreativitas. Teknologi dapat digunakan untuk mencari ide, brainstorming, bahkan menciptakan produk baru.

66. Membuat hipotesis

Menciptakan hipotesis merupakan salah satu cara untuk mengembangkan kreativitas. Ketika Anda mempertimbangkan apa yang mungkin bisa terjadi, solusi yang potensial, dan reaksi yang mungkin terjadi, Anda dapat membuka jalan pikiran yang baru.

67. Keluar dari kelas

Pelajaran terbaik kadang berlangsung di luar kelas. Kunjungan lapangan yang menarik, atau hanya berjalan keluar sekolah dapat membantu siswa untuk mempelajari hal bar dengan cara yang menarik.

68. Gunakan puzzle dan permainan

Ketika sedang bersenang-senang, siswa biasanya lupa bahwa mereka sedang belajar. Puzzle dan permainan dapat menantang mereka untuk berpikir kreatif, tetapi juga menyediakan hiburan yang dapat membuat mereka terus termotivasi untuk belajar dan bekerja.

69. Gunakan main maps

sumber: mindmap-successedge.blogspot.com
sumber: mindmap-successedge.blogspot.com

Main maps atau peta pemikiran dapat membantu siswa menggunakan ide pokok, dan memperluasnya menggunakan kreativitas.

70. Bermain peran

Mampu berpikir bagaimana orang lain akan berpikir dan bereaksi adalah cara yang baik untuk melatih pikiran dan belajar menjadi kreatif.

71. Membangun storyboard

sumber: kathryn.technosiren.com
sumber: kathryn.technosiren.com

Storyboard meminta siswa menggunakan imajinasi mereka untuk menceritakan kisah dalam gambar, bentuk komunikasi yang mungkin tidak mereka gunakan setiap hari.

72. Memikirkan ulang kegagalan

Terkadang, ide tidak berjalan lancar dapat menjadi peluang untuk dimulai lagi. Bantu siswa untuk memikirkan kembali ide gagal dan mencari tahu apa yang perlu dilengkapi dan mencari tujuan baru dari apa yang telah dimiliki sebelumnya.

73. Mendorong belajar di luar kelas

Siswa tidak seharusnya berhenti belajar setelah meninggalkan kelas. Dorong mereka untuk ke perpustakaan, mengejar minat atau hoby mereka, dan terus belajar.

74. Memutar situasi

Memutar situasi dapat menjadi cara menarik untuk belajar. Tunjukan pada mereka sudut pandang yang beragam dan membutuhkan beberapa pemikiran kreatif.

75. Hubungkan ide

Semua yang siswa pelajari memiliki hubungan. Bantu mereka untuk membuat hubungan antar mata pelajaran untuk menemukan hubungan kreatif dalam pengetahuan mereka.

76. Biarkan siswa membangun dan berinovasi

Apa yang lebih kreatif daripada menciptakan? Berikan bahan seadanya pada anak, lalu minta mereka membuat solusi kreatif untuk masalah yang Anda berikan.

77. Memikirkan kembali literatur

Literatur klasik memang baik, tetapi terkadang sulit bagi siswa untuk masuk ke dalam literature tersebut. Bawalah cara baru untuk mendekatkan mereka dengan materi, misalnya dengan gambar, modernisasi, atau ide menarik lainnya.

78. Minta siswa untuk memecahkan masalah di dunia nyata

Banyak siswa yang berpikir bahwa belajar di sekolah terlihat tidak berguna bagi mereka, sebab tidak mengikuti ketertarikan mereka. Lawan hal tersebut dengan melibatkan pertanyaan-pertanyaan tentang bagaimana mereka menyelesaikan masalah sehari-hari mereka dengan menggunakan apa yang telah mereka ketahui.

79. Ceritakan cerita

Semua hal akan lebih menarik ketika ada cerita yang melekat padanya. Bahkan matematika dapat berhubungan dengan cerita.

80. Libatkan semua indra

Belajar adalah pengalaman semua indra, bahkan ketika siswa menggunakan sentuhan, merasakan, dan merasakan bau dalam pelajaran.

81. Pergi ke luar

Pecahkan kebiasaan monoton dari sekolah dengan pergi ke luar dan menikmati alam.

82. Membuat pelajaran interaktif

Sulit bagi siswa untuk bosan ketika mereka mengambil bagian aktif dalam pembelajaran. Berikan aktivitas yang melibatkan anak, serta menyediakan memberikan umpan balik untuk menginspirasi.

83. Tunjukkan siswa tahap selanjutnya

Bantu siswa untuk benar-benar menindaklanjuti ide kreatif mereka dengan menunjukkan bagaimana mengembangkan kreativitas menjadi hal yang dapat dibanggakan.

 

disadur dari teachthought.com

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Loading...