content detail

101 Tips Menjadi Guru Kreatif IV: Kelas yang Kreatif

Post by: 11/08/2015 0 comments 8030 views

Kreativitas bukanlah suatu hal yang terjadi dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha untuk memelihara, menumbuhkan, dan mengembangkan kreativitas. Bagi pendidik, menjadi kreatif akan lebih menantang, karena diminta untuk mampu menginspirasi siswa atau menggunakan kreativitas untuk menerjemahkan tuntutan akademik, ujian, dan masalah lainnya yang ada di dalam kelas. Suasana yang dibentuk dari kreativitas dapat membantu menciptakan lingkungan kelas yang lebih memberi motivasi, menarik, dan mendidik bagi siswa dan guru.

sumber: www.creativeteaching.com
sumber: www.creativeteaching.com

Setelah menemukan dan belajar memanfaatkan ide (Baca: Menemukan Ide Kreatif & Memanfaatkan Ide Kreatif), guru kreatif juga dapat menginspirasi siswa agar berani berpikir kreatif (Baca: Menginspirasi Siswa). Berikut adalah beberapa tips untuk menciptakan lingkungan kelas yang kreativitas.

40. Menilai dengan kreatif

Soal pilihan ganda memang mudah untuk dikoreksi, tetapi tidak memberikan banyak ruang berpikir kreatif pada siswa, sebab jawabannya hanya benar atau salah. Untuk meningkatkan kreatifitas siswa di kelas, tunjukan dengan memberikan soal tes yang memicu kreativitas.

41. Beri hadiah untuk ide dan proyek kreatif

Pujilah atau beri hadiah kecil bagi siswa ketika mereka mampu berpikir kreatif, meski terkadang Anda kurang setuju dengan ide mereka.

42. Mendorong anak mengambil resiko

Banyak anak yang takut menghadapi kegagalan, sehingga tidak ingin mengambil resiko dalam cara belajar baru bagi mereka. Bantulah meredakan ketakutan mereka dengan memberi tahu cara cerdas untuk mengambil resiko, agar mereka dapat lebih berani untuk berpikir out of the box.

43. Mengijinkan kesalahan

Tidak semua ide kreatif akan sukses, tetapi bukan berarti hal tersebut tidak berguna. Kesalahan pada percobaan awal bisa menjadi dasar bagi pemikiran yang lebih besar di kemudian hari. Analisis dan cari cara untuk mengantisipasi kesalahan untuk mengembangkan ide berikutnya.

44. Menciptakan lingkungan yang dapat menstimulasi

Meski ide kreatif bisa muncul dimana saja, tetapi akan lebih mudah jika Anda berada di lingkungan yang dapat memberi stimulasi. Anda dan murid dapat mendapat keuntungan itu dengan menciptakan kelas yang didekorasi dengan baik, menyenangkan, dan menarik.

45. Menunda kepuasan

Proyek kreatif terbaik tidak datang dengan hadiah yang instan. Bantu siswa untuk belajar mengenai nilai dari disiplin dan kerja keras dengan menunda hadian bagi proyek kreatif mereka untuk mencapai tujuan yang lebih besar.

46. Bantu siswa untuk mengidentifikasi rencana dan hambatan

Sesuatu yang berharga tidak didapat dengan mudah, dan siswa mungkin akan mengalami kendala selama berusaha menjadi kreatif. Bantu mereka untuk melihat kesulitan bukan sebagai penghalang jalan, tetapi sebagai peluang untuk merencanakan ide bersama-sama.

47. Kejutkan diri sendiri

Kdang-kadang, lakukanlah hal yang spontan untuk menimbilkan suasana yang kreatif.

48. Menggabungkan seni

Hal kreatif yang paling familier adalah seni. Cobalah untuk mencari cara bagaimana cara membawa seni seperti musik, gambar, tulisan kreatif, atau hal lainnya, ke dalam pembelajaran di kelas. Baik dengan metode, maupum melalui proyek tugas.

49. Bantu siswa memenuhi tujuan mereka

Menjadi kreatif saja tidak cukup. Bantu juga siswa untuk memenuhi tujuan belajar mereka dalam proyek dan tugas yang diberikan dalam kelas.

50. Bawa kreatifitas untuk semua mata pelajaran

Mengapa harus seni untuk membuat anak belajar dengan senang? Bawa aspek kreatifitas  ke dalam semua mata pelajaran termasuk matematika dan sains.

51. Campurkan semuanya

Kreativitas dalam mengajar dilakukan dengan mencampurkan berbagai hal. Ubah cara menyajikan pelajaran, nilai siswa dengan cara yang berbeda, dan beri mereka tantangan baru yang tidak terduga.

52. Berikan umpan balik

Tawarkan umpan balik pada pekerjaan yang sudah dikerjakan siswa sebagai masukan untuk memperbaiki dan lebih memahami ide mereka.

53. Hindari memberi demonstrasi yang “dianggap” benar

Pikiran kreatif adalah hasil dari berpikir out of the box. Hindari untuk menyajikan contoh yang dianggap paling benar, beri kesempatan siswa untuk menyelesaikan masalah atau soal dengan cara mereka sendiri.

54. Jangan dorong siswa untuk langsung menjadi sama

Anda tidak dapat mendapatkan pemikir yang independen tanpa pemberontakan kecil. Dorong siswa untuk mempertanyakan mengaa suatu hal harus diselesaikan dengan cara tertentu, serta berani berbicara ketika ada hal-hal yang mereka pikir kurang tepat.

55. Berikan kebebasan, tetapi tetap fokus

Kreatifitas membutuhkan kebebasan, tetapi bukan kebebasan tanpa batas. Beri siswa tujuan untuk pekerjaan mereka agar lebih fokus.

56. Dorong otonomi

Jika Anda memberi jawaban untuk semua pertayaan sulit, maka siswa tidak akan termotivasi untuk menyelesaikan permasalahan sendiri. Dorong mereka untuk bekerja dan hanya meminta bantuan ketika memang merasa buntu.

57. Biasakan kerjasama

Terkadang bekerja sendiri dapat menghasilkan hasil yang baik, tetapi siswa juga dapat mendapatkan banyak ide kreatif ketika mereka bekerja dalam kelompok. Bantu mereka belajar untuk bekerja dengan produktif dalam kelompok yang mendukung.

58. Libatkan anak untuk membuat peraturan

Aturan di kelas akan lebih merasa dimiliki dan dihormati ketika anak merasa memiliki peran dalam menetapkan aturan dalam kelas, dengan alasan yang rasional.

59. Dekorasi kelas

Papan pengumuman yang baik, display, tanaman, poster, dan benda-benda lain dapat menjadi sumber siswa untuk berpikir dan menjadi kreatif.

60. Libatkan orang tua

Kreatifitas seharusnya tidak berhenti ketika siswa meninggalkan kelas. Minta bantuan orang tua untuk terlibat dalam proyek dan berperan aktid dalam proses pembelajaran.

61. Samakan porsi antara pujian dengan kritik

Terlalu banyak pujian sama buruknya dengan terlalu banyak kritik. Seimbangkan kedua hal tersebut agar siswa dapat mengeluarkan kreativitas mereka dengan baik.

62. Gunakan sumber yang ada di sekolah

Apapun sumber daya sekolah yang ditawarkan, manfaatkanlah. Perpustakaan, laboratorium komputer, sampai dengan kebun sekolah dapat menjadi inspirasi dan pendidikan bagi siswa.

63. Menciptakan rasa ingin tahu

Salah satu hal terbaik yang dilakukan untuk belajar dan melatih kreativitas adalah menanamkan rasa heran pasa siswa. Hal ini akan membuat mereka ingin belajar meski sudah berada di luar kelas.

 

disadur dari teachthought.com

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Loading...