content detail

101 Tips Menjadi Guru Kreatif III: Menginspirasi Siswa Menjadi Kreatif

Post by: 07/08/2015 1 comments 1950 views

Kreativitas bukanlah suatu hal yang terjadi dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha untuk memelihara, menumbuhkan, dan mengembangkan kreativitas. Bagi pendidik, menjadi kreatif akan lebih menantang, karena diminta untuk mampu menginspirasi siswa atau menggunakan kreativitas untuk menerjemahkan tuntutan akademik, ujian, dan masalah lainnya yang ada di dalam kelas. Suasana yang dibentuk dari kreativitas dapat membantu menciptakan lingkungan kelas yang lebih memberi motivasi, menarik, dan mendidik bagi siswa dan guru.

Setelah menemukan dan belajar memanfaatkan ide (Baca: Menemukan Ide Kreatif & Memanfaatkan Ide Kreatif), langkah selanjutnya adalah mulai untuk menginspirasi siswa. Guru kreatif harus memiliki kemampuan untuk menginspirasi siswa menjadi kreatif. Ketika Anda sudah mampu mengelola kreativitas, maka saatnya untuk membantu siswa memeluk kreatifitas mereka. Berikut beberapa tips untuk menumbuhkan kreatifitas pada siswa.

sumber: www.kidzmet.com
sumber: www.kidzmet.com

25. Menjadi model kreatifitas

Ingin membantu siswa agar lebih kreatif? Berilah contoh. Jadilah model bagaimana menjadi orang yang kreatif, dan mereka akan meniru.

26. Mendorong sudut pandang ganda

Jika terlalu banyak definisi benar salah di dalam kelas Anda, maka tidak akan banyak ruang untuk pemikiran kreatif yang ingin tumbuh. Doronglah siswa untuk melihat berbagai sudut pandang dan ide yang berbeda di sekitar mereka mengenai suatu hal. Minta mereka melihatnya, meski terkadang pandangan dari sudut pandang lain tidak sesuai dengan diri mereka.

27. Memahami keragaman

Jika siswa di kelas Anda berasal dari berbagai talar belakang budaya dan etnis, ambil keuntungan dari keragaman tersebut. Siswa bisa Anda ajak untuk menyoroti ide-ide dan nilai-nilai dari masing-masing budaya mereka. Ini tidak hanya soal pelajaran,tetapi juga menunjukkan pada siswa bahwa ada lebih dari satu cara untuk melakukan dan menyelesaikan suatu persoalan.

28. Bantu siswa dengan melihat kemampuan mereka sendiri

Setiap siswa memiliki karunia dan kemampuan yang berbeda. Gunakal hal tersebut untuk melibatkan siswa dalam aktivitas agar mereka dapat mengembangkan kreativitas mereka dalam aktivitas itu.

29. Bertanya

Jangan hanya puas dengan pengetahuan yang statis. Bertanyalah dan dorong siswa untuk bertanya agar rasa ingin tahunya meningkat.

30. Mendorong pemecahan masalah yang kreatif

Biasanya, ada lebih dari satu cara untuk menyelesaikan masalah. Bantu siswa untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang kreatif, serta beri mereka kesempatan untuk mengerjakan proyek-proyek yang mengembangkan kreatifitas.

31. Membaca, dan mendorong siswa untuk turut membaca

Buku adalah sumber yang luar biasa untuk mencari inspirasi, informasi, dan ide kreatif. Tunjukkan pentingnya membaca pada anak (buku, majalah, koran, atau bahkan komik).

32. Gunakan pertanyaan terbuka

Mengajukan pertanyaan pada siswa dapat menjadi alat untuk membuat mereka berpikir kreatif. Pastikan bahwa pertanyaan yang Anda ajukan sudah cukup terbuka agar siswa bebas menjawab dengan cara mereka dan tidak merasa terikat dengan penilaian Anda.

33. Mencari makna pribadi

Bantu siswa untuk menghubungkan ide mereka dengan pengalaman dan emosi yang dapat membuat projek yang mereka buat memiliki makna yang lebih dalam dan meningkatkan level kreativitas.

34. Biarkan siswa menunjukkan hasil kerja mereka

Siswa senang pekerjaannya ditampilkan dan dihargai, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Beri siswa kesempatan untuk menunjukkan hasil kerja keras mereka kepada temannya.

35. Jadi lebih spontan

Keluar dari kebiasaan mengajar dan jadilah lebih spontan. Siswa akan dipaksa untuk berpikir dan merespon cara-cara baru, serta memperluas proses berpikir mereka.

36. Tanyakan siswa mengenai jawaban sebuah pertanyaan

Jangan memberikan siswa jawaban instan, biarlah mereka menemukan jawaban dengan cara mereka.

37. Bekerja bersama di dalam kelas

Terkadang, bekerjasama adalah cara terbaik untuk memunculkan solusi kreatif bagi suatu masalah.

sumber: newhorizonsilc.wordpress.com
sumber: newhorizonsilc.wordpress.com

38. Perhatikan pekerjaan siswa

Ketika siswa menyelesaikan pekerjaan dengan baik, tunjukkan bahwa Anda memang terkesan. Hal ini akan membuat mereka termotivasi untuk terus bekerja keras.

39. Menjadikan suasana menyenangkan

Sebagai guru kreatif, buat kegiatan yang menyenangkan yang membuat siswa tertawa, merasa rileks, dan yang penting, merasa senang dengan apa yang mereka pelajari.

 

disadur dari teachthought.com

Comments (1)

Hampir semua guru mengatakan bahwa kelas yang kondusif erat kaitannya dengan masalah motivasi. Ini sesuai dengan penemuan saya terhadap banyak sekali perbincangan mengenai bagaimana meningkatkan motivasi siswa di kelas ketika sebuah kelas ingin menjadi kreatif dan inovatif.

Balas

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Loading...