content detail

101 Tips Menjadi Guru Kreatif II: Memanfaatkan Ide Kreatif

Post by: 06/08/2015 0 comments 2201 views

Kreativitas bukanlah suatu hal yang terjadi dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha untuk memelihara, menumbuhkan, dan mengembangkan kreativitas. Bagi pendidik, menjadi kreatif akan lebih menantang, karena diminta untuk mampu menginspirasi siswa atau menggunakan kreativitas untuk menerjemahkan tuntutan akademik, ujian, dan masalah lainnya yang ada di dalam kelas. Hal tersebut sangat sulit, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Suasana yang dibentuk dari kreativitas dapat membantu menciptakan lingkungan kelas yang lebih memberi motivasi, menarik, dan mendidik bagi siswa dan guru.

sumber: www.georgiabulletin.org
sumber: www.georgiabulletin.org

Setelah kreativitas sudah ditemukan (Baca: 101 Tips Menjadi Guru Kreatif I: Menemukan Ide Kreatif), langkah selanjutnya adalah memanfaatkan kilauan ide yang sudah mulai muncul. Ada beberapa tips yang dapat membantu untuk menyelamatkan ide tersebut agar terpelihara.

13. Menyisihkan waktu untuk berpikir kreatif

Sulit menjadi kreatif jika Anda tidak memiliki waktu bahkan untuk berpikir soal menjadi kreatif. Buatlah prioritas menyisihkan beberapa menit dalam satu hari untuk bebas berpikir. Selain itu, pastikan bahwa siswa juga tidak kewalahan dengan pekerjaan rumah, sampai-sampai mereka tidak memiliki waktu untuk menjadi kreatif.

14. Kembangkan ide kreatif, jangan biarkan mereka mati

Ide kreatif saja tidak cukup, Anda harus berani menindaklanjutinya. Bersedia untuk menghabiskan waktu mengasuh dan mengembangkan ide menjadi sesuatu yang berharga dan berguna. Dorong juga siswa melakukan hal yang sama dengan ide mereka.

15. Bawalah buku catatan

Inspirasi datang kapanpun, jadi pastikan bahwa Anda memiliki cara untuk mencatat ide yang tiba-tiba datang.

16. Tidak terlalu banyak kritik diri sendiri

Ketika kreativitas datang, diri kita sendiri terkadang bisa menjadi musuh. Cobalah untuk menghentikan diri yang terlalu suka mengkritik dan tidak ramah pada ide yang muncul. Tidak perlu terlalu menghakimi ide yang Anda ciptakan sendiri dengan menganggapnya sebagai ide buruk terus menerus.

17. Menjaga pikiran tetap tajam

Sama seperti otot, otak dapat melemah jika tidak diperkuat. Baca, belajar, dan tantanglah pikiran Anda sendiri untuk menjaganya tetap tajam. Dengan ini, Anda tidak akan hanya menjadi guru yang lebih kreatif, tetapi juga menjadi guru yang lebih baik.

18. Cintai apa yang Anda lakukan

Tidak ada yang membuat Anda merasa lebih kreatif dan terinspirasi daripada mencintai pekerjaan Anda. Jika merasa stress, ingatkan diri sendiri betapa hebatnya pekerjaan yang Anda tekuni. Hal itu mungkin dapat membantu anda merasa sedikit lebih terinspirasi dan kreatif.

19. Bayangkan kelas adalah sebuah bisnis

Jika Anda adalah seorang penata artistic atau manager inovasi, bagaimana cara Anda untuk menginspirasi pekerja? Gunakanlah taktik yang sama di kelas.

20. Rayakan kegagalan di fase ujicoba

Ide bagus tidak berjalan dengan baik di kelas? Jangan biarkan hal tersebut membuat Anda patah semangat. Kegagalan adalah bagian dari proses kreatif dan kadang-kadang kegagalan sebenarnya bisa jadi kesuksesan jika dalam prosesnya membuat Anda belajar.

21. Gunakan ide sendiri

Boleh saja menggunakan ide yang dibuat oleh orang lain, tapi kalau bisa, jangan meminjam. Bahkan bila Anda terinspirasi dari ide orang lain, kembangkanlah, ubah sesuai dengan kondisi lingkungan dan cirri khas Anda.

22. Menangguhkan penilaian

Ide-ide terbaik selalu terdengar sedikit gila awalnya. Tangguhkan dulu penilaian Anda sampai memiliki cukup informasi untuk menilai.

23. Mengeksplorasi semua kemungkinan

Ketika Anda menghapus beberapa ide karena merasa hal tersebut tidak mungkin dilakukan, bisa saja justru membatasi proses berpikir kreatif. Awalnya, telusuri semua kemungkinan, bahkan jika mungkin akan membutuhkan jalan yang sangat panjang.

24. Memeluk keanehan

Ketika kreativitas datang, keanehan terkadang ada baiknya. Mungkin saja itu malah menuntun Anda ke tempat yang Anda inginkan. Cobalah untuk dipahami terlebih dahulu ide yang awalnya dianggap aneh itu.

 

disadur dari teachthought.com

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Loading...