content detail

101 Tips Menjadi Guru Kreatif I: Menemukan Ide Kreatif

Post by: 05/08/2015 0 comments 1693 views

Kreativitas bukanlah suatu hal yang terjadi dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha untuk memelihara, menumbuhkan, dan mengembangkan kreativitas, bahkan bagi orang yang sudah bergelut dalam bidang pekerjaan kreatif.

Bagi pendidik, menjadi kreatif akan lebih menantang, karena diminta untuk mampu menginspirasi siswa atau menggunakan kreativitas untuk menerjemahkan tuntutan akademik, ujian, dan masalah lainnya yang ada di dalam kelas. Hal tersebut sangat sulit, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Suasana yang dibentuk dari kreativitas dapat membantu menciptakan lingkungan kelas yang lebih memberi motivasi, menarik, dan mendidik bagi siswa dan guru.

Bagaimana cara menuju ke sana? Berikut ada beberapa tips yang akan membantu guru menjadi lebih kreatif dalam kelas, dengan berbagai cara. Untuk masuk ke kreatifitas, mula-mula adalah menemukan ide kreatif.

sumber: neatoday.org
sumber: neatoday.org

Menemukan Ide Kreatif

Belum tahu bagaimana cara memulai belajar menjadi guru kreatif? Berikut ada beberapa tips yang akan menolong guru menguasai dasar-dasar kreativitas dan mengambil langkah pertama menuju kelas yang lebih kreatif.

  1. Terbukalah untuk ide baru

Bahkan orang yang paling berpikiran terbuka, terkadang merasa terjebak di jalan buntu dan tidak bisa melihat bahwa ada cara lain yang mungkin dapat menjadi jalan keluar yang lebih baik. Keluarlah dati jalan buntu dan cobalah untuk terbuka dengan ide yang baru, meskipun jika awalnya terlihat aneh.

  1. Berpikirlah “outside the box”

Berhentilah berpikir soal aktivitas dalam kelas dengan ketat dan terbatas dan terbukalah untuk ide ide di luar kebiasaan. Mungkin saja Anda akan mendapatkan ide kreatif untuk mengubah suasana beberapa mata pelajaran yang Anda ajarkan.

  1. Mencari kegembiraan

Salah satu cara mendapatkan otak yang mampu berpikir kreatif adalah dengan memikirkan hal-hal yang menarik bagi Anda. Rasa antusias cenderung dapat meningkatkan motivasi otak dan otak yang termotivasi adalah yang aktif dan kreatif.

  1. Keluar dari zona nyaman

Sangat sulit untuk keluar dari zona nyaman, tetapi mungkin saja hal itulah yang dibutuhkan untuk menjadi lebih kreatif. Mengajar kelompok siswa yang baru dengan topic yang baru, atau mencoba metode yang pada awalnya membuat Anda tidak nyaman. Hal ini mungkin berhasil, mungkin juga tidak, tetapi Kita tidak akan pernah tahu jika tidak dicoba.

  1. Mencari tempat yang inspiratif

Beberapa orang yang beruntung mungkin dapat mendapatkan inspirasi dari sekotak alat kebersihan. Tetapu bagi beberapa orang lainnya, membutuhkan tempat lainnya untuk mendorong hadirnya inspirasi. Entah itu di taman, ruang tamu, bahkan bagian tertentu sekolah. Temuilah tempat yang membuat Anda merasa ide kreatif dapat muncul.

  1. Rileks

Ketika beberapa orang bekerja di bawah keadaan stress, kebanyakan dari kita merasa bahwa kreativitas telah dibunuh. Untuk benar-benar terhubung dengan sisi kreatif Anda, rileks lah dan jangan memaksa ide harus keluar.

  1. Cari ide dari manapun

Ide yang luar biasa datang dari mana saja, maka siapkan mata, telinga, dan pikiran yang selalu terbuka.

  1. Cari hobby

Menyisakah waktu beberapa jam untuk menekuni hobby dapat membantu Anda kembali bekerja dengan semangat yang baru untuk bekerja.

  1. Ikuti “passion”

Kejarlah sesuatu yang benar-benar Anda sukai. Passion itu mungkin akan membuat Anda merasa antusias, terinspirasi, dan siap untuk mendapatkan ide kreatif.

  1. Jadilah aktif

Otak membutuhkan banyak oksigen untuk berpikir dan olahraga dapat memenuhinya dengan cepat.

  1. Meditasi

Kadang-kadang, hanya perlu membersihkan pikiran Anda dari kekacauan untuk dapat membukanya lagi dengan ide yang baru dan inovatif.

  1. Mainkan kekuatan

Menantang diri dengan keras memang baik, tetapi bisa jadi justru melelahkan. Bekerjalah dengan kekuatan yang ada dalam perjalan kreatif anda, sehingga keinginan untuk menyerah lebih kecil.

 

disadur dari teachthought.com

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Loading...